Termehek-mehek make script??

Diposting oleh Christiana Wicaksono | 02.24
KODE PPC ANDA



Hayo gambar disamping ini ada di acara TV apa? Yang cewek pasti pada tau..Sebuah acara reality show yang maen tiap Sabtu dan Minggu petang ini memang lagi trend. Akibatnya nih tiap senin pagi ruangan kantorku sudah pasti ramai oleh ibuk-ibuk yang lagi mbahas Termehek-mehek alias “TM”. Awalnya sih yang bapak-bapak pada risih “Emang acara apaan tuh, judulnya aja aneh..!!”. Tetapi, lama-lama yang bapak-bapak ikut terkontaminasi juga. Oke..TRANS TV U’ve wrapped it! Demam TM sudah melanda Indonesia.

Sebenernya penasaran juga apaan artinya “TM”? Aku sih punya jawaban sendiri bahwa TM = termewek-mewek (maksudnya sedih gitu). Kalau nama acaranya terdengar unik kan menimbulkan animo masyarakat. Kata Helmy Yahya yang punya konsep ni acara , mengungkapkan istilah ‘TM’ kurang-lebih berarti menangis tersedu-sedu atau merasa tidak berdaya akibat sesuatu atau seseorang. Agak mirip kan ma definisiku (^_^).

TM mengusung tema pencarian seseorang dengan berbekal petunjuk yang dimiliki klien. Bisa nyari pacar yang ilang, suami yang ilang, bapak yang ilang, temen yang ilang, atau sodara yang ilang. Mandala, Panda dan kru TM siap bantuin klien dengan petunjuk yang mereka miliki. Hasilnya bisa ketemu atau enggak. Tetapi yang menarik adalah hasil pencarian yang selalu mengejutkan. Misalnya nih bapak yang selama ini dicari ternyata gay, suami yang dicari ternyata seorang “kucing”, temen yang dicari ternyata jadi gila, de el el. Inilah kekuatannya.

Tetapi menurutku acara ini main script (skenario) juga, jadi gak murni reality show. Kenapa begitu?
  • Kayaknya ada kesan petunjuk pencariannya diarahin. Selalu ada petunjuk yang membawa ke petunjuk selanjutnya. Emang gampang ya kita dikasih alamat orang?
  • Kliennya kok keliatan udah biasa di depan kamera, gak grogi gitu. Apa udah latihan sebelumnya? Misalnya nih pas adegan marah-marah , kok kayaknya marah-marahnya terkontrol. Emang iya kalau orang beneran marah kayak gitu?
  • Petunjuk-petunjuknya nih selalu mengejutkan hasilnya. Atau memang kebetulan aja ya..Jadi kita pasti mendapatkan ending yang apik. Terkesan diarahin untuk kepentingan komersil.
  • Kenapa wajah-wajah para orang yang terlibat di dalam pencarian itu sering ditampilin dengan jelas/ ada juga sih yang dibuat blur, tetapi cuma beberapa aja. Kayaknya banyak yang lebih suka nampil di tv daripada mikirin keselamatan diri atau menjaga nama baik.
  • Segampang itukah kita menceritakan aib seseorang kemudian menyebarluaskan ke seluruh Indonesia. Yang diulas banyakan aib nya daripada baiknya. Privasi sudah tidak ada lagi.
Well, setidaknya itu menurutku. Aku nganggepnya too much script inside! Tak lain tak bukan supaya share atau ratingnya naik. Dulu aja TM cuma main seminggu sekali dan durasinya setengah jam. Tapi sekarang dah maen 2x seminggu en durasinya 45 menit. Program dinyatakan berhasil dan penonton terpikat. Katanya sih TM jadi acara tv terfavorit dengan ditonton lebih dari 3.961.000 pemirsa setia TV. Ratingnya 9.3 % dengan share pemirsa di jam tersebut 33.5% (aku ngutip dari suatu blog). Kalau ditanya gimana dapetin angka itu belum jelas juga. Mungkin kalau ada yang tahu bisa dishare ke sini.

Suksesnya TM tentu jadi “latah”. Nyatanya ada acara yang mirip seperti ”Orang ketiga”. Bagusan yang mana tergantung yang nonton. Tapi, sama-sama pake skrip kayaknya. Bagus atau tidaknya konten acara TM terserah juga sama penontonnya. Kalau ada yang ngerasa ini acara kok gak mendidik, nyebarin aib orang, melanggar privasi orang dan mempengaruhi mental masyarakat…ya terserah yang nonton. Kalau ada yang dah kecanduan ini acara juga gak papa. Nyatanya ini acara juga gak diprotes ma KPI. KPI kan tugasnya melindungi masyarakat dari tontonan yang kurang baik (terutama anak-anak), tentunya dia tau mana yang dilarang dan mana yang enggak. Menurutku sih:

  1. Gak usah ribut-ribut, kita semua sudah bisa mikir. Acara TV tentu bersifat komersil, nampilin apa yang disukai ma orang Indonesia. Kalau masyarakatnya suka yang berbau aib orang, maka diadapsilah acara ini. Kalau acara TV nya berhasil ya gak papa.Kalau udah gini kan enak, mau make script peduli amat. Emang ibuk-ibuk yang dikampung sono ngributin masalah script? Mereka taunya ni acara bagus banget en bisa dipake buat bahan gosip pas pergi ke warung. Sebenernya yang sasaran utama iklan di sela-sela acara TM ini kan mereka juga. Sudah tidak aneh kan?
  2. Kalau yang merasa cerdas bisa milih-milih acara TV yang bagus dan ngerasa TM gak bagus..Gak usah nonton. Selalu dampingi anak-anak kecil disekitarmu dalam menonton TV. Berikanlah penjelasan dengan baik! Jangan semua nyalahin KPI tar ujung-ujungnya nyalahin pemerintah. Pemerintah itu urusannya buanyak banget, masa yang kayak gini diurusin juga. Yang merasa dewasa harus bisa bersikap sendiri. Lama-lama yang nonton acara kayak gini bisa bosen juga kan..Percayalah ini cuma lagi booming aja. Biasanya yang suka protes juga sering nonton..
Saat cinta memang harus diakhiri….






KODE PPC ANDA

Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
2 komentar
  1. azif 13 Januari 2009 pukul 19.05  

    dapet dari mana lu...kok bagus...

  2. Anonim 13 Januari 2009 pukul 22.09  

    teruskan perjuanganmu yang

Posting Komentar

Tinggalkan pesan Anda untuk mengomentari tulisan saya.
Tenkyu...